Reiss Nelson jadi bintang utama ketika Arsenal melibas Molde tiga gol tanpa balas (3-0) pada duel matchday 4 Grup B Liga Europa 2020/21, Jumat (27/11/2020). Performanya mengundang decak kagum, plus pujian dari sang pelatih Mikel Arteta.

Nelson mungkin hanya mencetak satu gol, yakni gol kedua Arsenal di menit ke-55. Namun, permainannya selama 90 menit jelas melebihi ekspektasi.

Dia turun di pos winger kiri dan jadi salah satu pemain yang paling merepotkan pertahanan Molde. Benar ada Nicolas Pepe yang juga tampil apik, tapi Nelson lebih diperhatikan karena dia baru 20 tahun.

Arteta pun mengakui bahwa potensi Nelson merupakan salah satu keuntungan Arsenal musim ini.

The Gunners sudah lama dikenal sebagai pabrik pemain-pemain muda terbaik, saat ini mereka punya Bukayo Saka yang sudah bermain di level tinggi.

Kini Nelson sepertinya bakal menyusul Saka naik level. Arteta melihatnya berkembang pesat sebulan terakhir, bermain sebagai winger yang menyulitkan lawan.

"Dia telah mengambil langkah perkembangan besar sekitar sebulan terakhir. Dia sudah menunjukkan apa yang bisa dia perbuat," buka Arteta di laman resmi Arsenal.

"Dia adalah pemain yang ingin menghadapi Anda satu lawan satu sepanjang waktu, dia pemain hebat ketika bisa berlari di belakang lini pertahanan lawan dan dia sulit ditebak."

Sebenarnya Arsenal sempat dikabarkan bakal meminjamkan Nelson pada bursa transfer musim panas lalu, tentu demi sang pemain mendapatkan menit bermain lebih. Namun, ternyata Nelson sendiri yang bersikeras bertahan dan ingin membuktikan diri.

"Saya sangat suka pemain seperti dia di posisi sayap. Memang dia masih harus tampil lebih baik dalam urusan bertahan dan dia akan mengembangkan itu, tapi dia jelas sudah lebih dewasa," lanjut Arteta.

"Menurut saya, dia sudah menunjukkan sikap hebat dengan berkata dia tidak mau pergi dipinjamkan, sebab dia percaya punya kesempatan bermain untuk klub ini."

"Dia sudah membuktikan diri bahwa dia ingin mengambil jalan itu," tutupnya.